Skip to main content

Storage (Media Penyimpanan Di dalam Komputer)


Kali ini saya akan posting Mengenai storage.
Storage adalah suatu perangkat yang diperuntukkan dalam penyimpanan data. Semakin dengan berkembangnya zaman maka jenis dan bentuk bentuk storage devices pun beragam, sesuai dengan kebutuhan dan penggunaannya pun bisa untuk  koneksi ke internet yang biasa di sebut modem GSM atau CDMA.
Storage merupakan alat yang di peruntukkan untuk sebagai media penyimpanan data. kebanyakan orang menginginkan memory yang berkapasitas besar dan cepat. Tetapi hal tersebut susah didapatkan karena adanya masalah dengan biaya. Data storage sendiri dibagi menjadi memori utama (primary storage) dan memori sekunder (secondary storage), yang terdiri dari berbagai jenis.  Perkembangan storage yang saya ketahui. 

§  Punch Card
Punch card diperkenalkan oleh seorang tokoh bernama Basile Bouchon Sejak tahun 1725 telah dirancang sebuah media untuk menyimpan data yang  menggunakan sebuah kertas berforasi untuk menyimpan pola yang digunakan pada kain. Tapi pertama kali dipatenkan untuk penyimpanan data sekitar 23 September 1884 oleh Herman Hollerith – sebuah penemuan yang digunakan lebih dari 100 tahun hingga pertengahan 1970.  Jumlah data yang tersimpan dalam media tersebut sangat kecil, dan fungsi utamanya bukanlah menyimpan data namun menyimpan pengaturan (setting) untuk mesin yang berbeda.

§  Paper Tape
Seorang tokoh bernama Alexander Bain merupakan orang yang pertama kali mengetahui penggunaan paper tape yang biasanya digunakan untuk mesin faksimili dan mesin telegram (tahun 1846). Setiap baris tape menampilkan satu karakter, namun karena Anda dapat membuat fanfold dengan mudah maka dapat menyimpan beberapa data secara signifikan menggunakan punch tape dibandingkan dengan punch card.
  
§  Solectron Tube
Pada tahun 1946 RCA mulai mengembagkan Solectron Tube yang merupakan awal format memori komputer dan Selectron Tube terbesar berukuran 10 inci yang dapat menyimpan 4096 bits Harga satu buah tabung sangat mahal dan umurnya sangat pendek di pasaran. 

§  Magnetic Tape
Pada tahun 1950-an magnetic tape telah digunakan pertama kali oleh IBM untuk menyimpan data. Saat sebuah rol magetic tape dapat menyimpan data setara dengan 10.000 punch card, membuat magnetic tape sangat populer sebagai cara menyimpan data komputer hingga pertengahan tahun 1980-an.

§  Compact Cassette
Compact Cassette merupakan salah satu bagian dari Magnetic Tape, dikarenakan sudah banyak dari kita yang telah memilikinya, hal itu menjadi bagian yang khusus. Compact Cassette diperkenalkan oleh Philips pada tahun 1963, namun tidak sampai tahun 1970 menjadi populer. Komputer, seperti ZX Spectrum, Commodore 64 dan Amstrad CPC menggunakan kaset untuk menyimpan data. Standar 90 menit Compact Cassette dapat menyimpan sekitar 700kB hingga 1MB dari data tiap sisinya. Jika disetarakan dengan DVD, maka data dalam Compact Cassette dapat dijalankan selama 281 hari.


§  Magnetic Drum
Magnetic Drum memiliki panjang 16 inci yang bekerja 12.500 putaran tiap menit. Media ini digunakan untuk menunjang komputer IBM 650 sekitar 10.000 karakter dari Memori Utama.

§  Floppy Disk
Floppy Disk Drive yaitu suatu perangkat yang ada di dalam komputer sebagai asesoris dan pelengkap yang dapat menyimpan data di dalam disket dengan kapasitas rendah.Pada tahun 1969, floppy disk pertama kali diperkenalkan. Saat itu hanya bisa membaca (read-only), jadi ketika data tersimpan tidak dapat dimodifikasi maupun dihapus. Ukurannya 8 inch dan dapat menyimpan data sekitar 80kB. Selain dapat menyimpan data didalam disket floppy disk juga dapat untuk booting computer, di dalam computer terdapat maximal dua floppy disk yaitu flopy “A” dan flopy “B” tetapi biasanya yang terpasang hanya flopy “A “ saja karena kegunaannya sangatlah terbatas. Empat tahun kemudian, floppy disk yang sama muncul dan dapat menyimpan data sebanyak 256kB. Selain itu, memiliki kemampuan dapat ditulis kembali (writeable). Perkembangan selanjutnya, pada tahun 1990 lahir disk dengan ukuran 3 inci yang dapat menyimpan data sekitar 250 MB, atau biasa disebut juga Zip disk.

§  World’s first hard drive
Tanggal 13 September 1956, komputer IBM 305 RAMA dalam kondisi tidak terselubungi. Komputer tidak mengalami perubahan sejak dapat menyimpan data sekitar 4.4 MB (setara dengan 5 milyar karakter) – saat itu sudah menjadi hal yang menakjubkan. Data tersimpan dalam 50 buah Magnetic Diks yang berukuran 24 inci. Lebih dari 1000 sistim dibangun dan diproduksi pada akhir tahun 1961. IBM mengeluarkan seharga $3,200 per bulan untuk memproduksi komputer.

§  Hard drive
Hard drive masih diproduksi di bawah pengembangan yang tetap (konstan). Hitachi Deskstar 7K yang Anda lihat pada gambar di bawah adalah hard drive pertama kali yang dapat menyimpan data 500GB setara dengan 120.000 World’s first hard drive IBM 305 RAMAC. Hal ini cenderung tiap tahun kita dapat memperoleh drive yang dapat menyimpan data secara cepat dengan harga murah.

§  Hard Disk
Hard disk merupakan perkembangan storage yang terbaik. Hard disk tebagi menjadi 2 yaitu harddisk external dan internal. Harddisk mempunyai kapasitas terbesar dibanding type storage yang lain.

Storage card terbagi menjadi beberapa macam:
v  CompactFlash
CompactFlash  adalah  format  yang  terbukti  reliable  dan  kompatibel dengan berbagai macam device, dan biasanya memiliki kapasitas yang lebih  besar  dibanding  format  lainnya.  Kapasitas  diatas 2.2GB membutuhkan  kemampuan  kamera  yang  mendukung  format  file system FAT32. CompactFlash  datang  dengan  dua  jenis  type,  yaitu Type  I  dan  Type  II,  dimana  perbedaannya  adalah  dalam  ketebalan fisik  keduanya  (3.3mm  :  5.0mm).  Type  I  populer  sebagai  flash memory  dalam  kamera  digital,  sedang  Type  II  digunakan  dalam
teknologi Microdrives.

v  Microdrives
 Microdrive  adalah  harddisk  micro  dalam  ukuran Compact  Flash  Type  II,  dan  biasanya  memiliki  kapasitas  yang  besarsekali  dengan  harga  per  Mb  yang  murah.  Microdrives  memiliki kelemahan dalam komsumsi listrik yang lebih besar, juga menghasilkan panas yang lebih banyak, timbulnya noise ketika sedang beroperasi dan juga resiko tinggi dari bahaya data failure ketika terjadi gunjangan saat device berpindah-pindah tempat.

v  SmartMedia
Memiliki  ukuran  fisik  yang  lebih  besar  dibanding  CompactFlash,  tetapi
memiliki  ketebalan  yang  lebih  tipis.  Storage  Card  jenis  ini  sangat rentan terhadap gunjangan sehingga kurang reliable dalam penggunaannya.  Saat  ini  sudah  tidak  ada  kamera  digital  yang menggunakan storage jenis ini sebagai card penyimpanannya.

v  Sony Memory Stick
Masih  sebagai  sebuah  standard,  terutama  untuk  produk-produk elektronik  (termasuk  kamera  digital)  dari  Sony.  Diproduksi  oleh  Sony sendiri, tetapi saat ini mulai muncul 3rd party yang memproduksi card ini  semacam  Lexar  Media.  Kekurangan  card  jenis  ini,  sangat  jarang
kamera  digital  menggunakan  storage  card  jenis  ini,  walaupun  secara jumlah  terus mengalami  peningkatan  secara  perlahan.  Memory  Stick memiliki  harga  yang  lumayan  lebih  mahal  per  MB-nya,  sebab  sedikit sekali  kompetisi  yang  ada  di  pasaran.  Walaupun kapasitasnya  terus mengalami  kenaikan  mengikuti  kenaikan  kapasitas  dari  storage  card
jenis  CompactFlash.  Beberapa  varian  Sony  Memory  Stick  memilikie berapa fungsi khusus, seperti Sony Memory Stick Pro, Sony Memory Stick Duo dan Sony MagicGate.

v  Secure Digital (SD)
Disupport  oleh  SD  Card  Association  (SDA),  merupakan  jenis  memory card  yang  sangat  compact,  memiliki  feature  transfer  data  yang  cepat dan  memiliki  fungsi  built-in  security  protection  untuk  content  data yang  disimpan,  menyebabkan  harganya  lebih  mahal  disbanding Multimedia Card. SD Card memiliki swite-protection switch di sisi card,
mirip seperti proteksi pada floppy disk.

v  MultiMediaCard/SecureMultiMediaCard/Reduced  Size  MultiMediaCard
Disupport oleh MultimediaCard Association (MMCA), memiliki permukaan fisik yang sama  dengan  SD card, tetapi dengan ketebalan yang lebih tipis, sekitar 0.7mm. Biasanya secara hardware, MMC card akan  bisa  masuk  kedalam  slot  SD  card,  tetapi  juga  tidak  semuanya
bisa.  Lebih  baik  periksa  manual  masing-masing  kamera  digital  untuk hal  seperti  ini.  MMC card  juga  tersedia  dalam  varian  lain,  yaituSecureMMC,  mirip  dengan  SD,  tetapi  berakibat  pada  pengurangan kapasitas MMC secara umum.

v  Xd Picture Card
Format  lain  yang  dikembangkan  oleh  Olympus,  Fujifilm  dan  Toshiba. Biasanya  digunakan  dalam  kamera  digital  compact  merk-merk propietary mereka sendiri.

v  Other Formats
Format lama dari storage card yang sudah tidak digunakan lagi seperti Floppy  Disk  dan PCMCIA  card.  Beberapa  model  kamera  digital  adayang mampu menulis kedalam CD-R/RW ukuran 3″. Beberapa kamera digital  jenis  lain  bahkan  ada  yang  tidak  memiliki  dukungan  untuk memakai  storage  card  tambahan,  tetapi  lebih  memilih  penggunaan built-in  memory  yang  tersedia,  yang  tentunya  sangat  terbatas. Beberapa  lagi  menggabungkan  keduanya,  yaitu  memiliki  built-in memory,  akan  tetapi  bisa  juga  ditambahkan  storage  card  sebagai
pengembangan kapasitas memory built-in yang ada.

Comments

Popular posts from this blog

Melihat Partisi dan Keadaan Hardisk Dengan CMD

      Ok,, kali ini saya akan share mangenai bagaimana cara melihat partisi hardisk kita yang ada di dalam komputer kita. biasanya agan-agan melihat dengan melalui disk management.. Nah, mungkin biasanya dengan menggunakan disk management mungkin akan membutuhkan waktu yang cukup lama bagi komputer atau laptop yang cuman memiliki spesifikasi standar atau pas-pasan la. nah mungkin dengan menggunakan CMD atau command prompt mungkin hal tersebut bisa di minimalisir... Ok langsung aja ke TKP nya aja... Langkah pertama tentu buka dulu CMDnya dengan cara langsung menuliskan "cmd" tanpa tanda kutip di menu startnya atau bisa juga menekan tombol di  keyboard yaitu "windows + R" maka akan muncul tampilan dari box "run" nah di situ di tulis "cmd" tanpa tanda kutip.. setelah berhasil maka akan muncul tampilan seperti ini  Nah langkah kedua tulis di dalam cmd tersebut "diskpart" tanpa tanda kutip..  setelah di tuliskan makan k

Cara Konfigurasi IPv4 dan IPv6 Di Sistem Operasi Windows, Linux dan Command Prompt

Kali ini saya akan share mengenai car mengkonfigurasi IPv4 dan IPv6 di windows , linux dan command prompt Pada Sistem Operasi TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah sekelompok protokol yang mengatur komunikasi data komputer di internet. IP address adalah alamat yang diberikan pada jaringan komputer dan peralatan jaringan yang menggunakan protokol TCP/IP. IP address terdiri atas 32 bit angka biner yang dapat dituliskan sebagai empat kelompok angka desimal yang dipisahkan oleh tanda titik seperti 192.168.0 IP address terdiri atas dua bagian yaitu network ID dan host ID, dimana network ID menentukan alamat jaringan komputer, sedangkan host ID menentukan alamat host Oleh sebab itu IP address memberikan alamat lengkap suatu host beserta alamat jaringan di mana host itu berada. 1.Konfigurasi Tcp/Ip Windows Xp 1.1. Konfigurasi Dinamis Komputer-komputer dengan sistem operasi Microsoft Windows Xp akan berusaha untuk memperoleh konfigurasi TCP/IP dari sebuah server

Menghitung Deret Dengan Java Script

Kali ini saya akan share mengenai bagaimana cara membuat dan menghitung deret dengan java script. ini dia script dan kode-kode yang digunkan untuk membuat/ menghitung deret. silahkan  <SCRIPT LANGUAGE="JavaScript"> function hitung() { var n =parseFloat(document.Arief.n.value); var jum = 0.0; var angka = 1; } while (angka <= n) { jum = jum + angka;angka++ } document.Arief.ojum.value=eval(jum); } </SCRIPT>   itu dia script atau kode-kodenya.. selamat membaca dan semoga bermanfaat.,.